Kitab Al Barzanji adalah kitab yang berisi doa-doa, pujian-pujian dan cerita riwayat Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika ada acara kelahiran anak, khitana, pernikahan dan Maulid Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Kitab Al Barzanji dikarang oleh Al Imam Ja’far ibnu Hasan Al Barzanji.

 

Maulid Barzanji juga menjelaskan beberapa keistimewaan saat kelahiran Nabi Muhammad saw. Di antaranya, ia lahir dalam keadaan langsung bersujud dan dalam keadaan bercelak. Dalam waktu yang sama berbagai simbol-simbol kemusyrikan dihancurkan oleh Allah, seperti hancurnya kerajaan Kisra yang besar, padamnya api sesembahan orang-orang Majusi yang diyakini tidak bisa dipadamkan oleh siapapun selama ribuan tahun. Di saat itu pula, semua hewan dan dan makhluk selain manusia merasakan kemuliaan dan keagungannya. Hal ini ditandai dengan berbuahnya semua pohon-pohon yang tidak pernah berbuah dalam rangka menghormat dan menyambut kelahiran makhluk paling baik dan paling mulia.

Di pondok ini, kitab Al Barzanji biasanya dilantunkan setiap malam Jumat ba’da salat isya berseling dengan Syarful Anam dan Maulid Diba’.

Scroll to Top