Tahsin adalah salah satu program di Hamasah BQS Bandung yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar. Program ini ditujukan bagi para santri dan masyarakat umum yang ingin mempelajari cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar.
Tahsin di Hamasah BQS Bandung meliputi pembelajaran dasar-dasar tajwid, pengenalan huruf-huruf hijaiyah, serta pelafalan dan tartil Al-Quran. Para santri akan dibimbing oleh para ustadz dan ustadzah yang berpengalaman dalam mengajar Tahsin 1. Selain itu, para santri juga akan diberikan materi tambahan seperti sejarah Al-Quran dan hadits, serta pengenalan fiqh.
Dalam proses pembelajaran Tahsin 1, para santri akan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan tingkat kemampuan membaca Al-Quran masing-masing. Pembelajaran dilakukan dengan metode yang interaktif dan menyenangkan, sehingga para santri tidak merasa bosan dan mudah memahami materi yang diberikan.
Tahsin di Hamasah BQS Bandung dilaksanakan secara terjadwal dan berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Setiap pertemuan dilakukan selama dua jam, yang terdiri dari teori dan praktek membaca Al-Quran. Selama proses pembelajaran, para santri akan diberikan evaluasi secara berkala untuk mengukur kemampuan membaca Al-Quran mereka.
Program Tahsin 1 di Hamasah BQS Bandung sangat penting bagi para santri yang ingin mempelajari Al-Quran dengan baik dan benar. Dengan mengikuti program ini, para santri akan mampu membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar dan memahami arti dari setiap ayat yang dibaca. Selain itu, program Tahsin juga dapat menjadi pondasi yang kuat bagi para santri untuk melanjutkan ke tahap-tahap pembelajaran Al-Quran yang lebih tinggi.
Sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen untuk menyebarkan nilai-nilai Islam dan membentuk generasi yang berakhlak mulia, Hamasah BQS Bandung senantiasa berusaha untuk memberikan pembelajaran Al-Quran yang terbaik dan berkualitas. Program Tahsin merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut.

 

Bimbingan Vocal Qur’an

Latihan Vocal Qur’an di Pesantren Tahfidz Hamasah adalah kegiatan yang bertujuan untuk melatih keindahan suara saat membaca Al-Qur’an. Para santri akan diajarkan teknik-teknik vokal, intonasi yang tepat, serta ekspresi yang baik dalam membaca Al-Qur’an, sehingga mereka dapat melantunkan ayat-ayat dengan suara yang merdu dan memikat. Tujuannya adalah agar para santri dapat melepaskan suara dengan baik saat membaca Al-Qur’an.


 

Bimbingan Baghdadiyah

Latihan dari bimbingan Baghdadiyah di Pesantren Tahfidz Hamasah adalah pembelajaran yang dimulai dari dasar huruf-huruf Al-Qur’an hingga kemampuan membaca Al-Qur’an. Para santri akan diajarkan tata cara membaca huruf-huruf dengan benar dan melanjutkan ke membaca ayat-ayat Al-Qur’an secara utuh. Tujuannya adalah agar para santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan merdu serta memahami makna yang terkandung di dalamnya.

 

Bimbingan Tahsin Dasar

Bimbingan Tahsin Dasar di Pesantren Tahfidz Hamasah adalah pembelajaran tentang dasar-dasar hukum-hukum membaca Al-Qur’an, termasuk aturan tajwid dan tahsin yang berlaku. Para santri akan diajarkan tentang cara melafalkan huruf-huruf dengan benar, memahami tanda-tanda bacaan, serta menerapkan prinsip-prinsip tajwid yang sesuai. Tujuannya adalah agar para santri dapat membaca Al-Qur’an dengan tepat, sesuai dengan aturan tajwid dan tahsin yang berlaku.


 

Bimbingan Tahsin Bersanad

Bimbingan Tahsin Bersanad di Pesantren Tahfidz Hamasah adalah pembelajaran tahsin yang dilakukan dengan belajar langsung dari guru-guru terpercaya dan ahli, serta menggunakan referensi kitab-kitab asli yang bersandar pada ajaran Rasulullah SAW. Tujuannya adalah agar para santri memiliki bacaan Al-Qur’an yang sesuai dengan aturan tajwid dan tahsin yang memiliki sanad (garis keturunan) yang terpercaya, sehingga mereka dapat membaca Al-Qur’an dengan kebenaran tajwid dan tahsin yang terjamin.

Scroll to Top