I’tikaf adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada 10 terakhir bulan Ramadan, di mana seorang Muslim mengisolasi diri dalam masjid atau tempat ibadah lainnya untuk fokus pada ibadah dan penghampiran diri kepada Allah SWT. Setiap hari dalam i’tikaf memiliki hikmahnya masing-masing, termasuk pada hari ke-28.

Hari ke-28 i’tikaf adalah hari yang penting karena seorang Muslim pada titik ini sudah semakin dekat dengan akhir bulan Ramadan, yang artinya waktu untuk memperbanyak ibadah semakin terbatas. Oleh karena itu, hikmah dari i’tikaf pada hari ke-28 adalah mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Dalam i’tikaf, seorang Muslim akan lebih fokus pada ibadah dan menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu ibadahnya, sehingga ia akan lebih mudah merenungkan kesalahan dan dosanya. Dalam suasana seperti itu, seseorang akan lebih mudah untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan merasa berada di bawah rahmat-Nya. Sehingga, i’tikaf pada hari ke-28 dapat menjadi momentum untuk memperbaiki diri dan memohon keampunan dari Allah SWT.

Selain itu, pada hari ke-28 i’tikaf, seorang Muslim juga akan lebih fokus pada ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadan, seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, berdoa, dan lain sebagainya. Semua amal ibadah ini dapat menjadi alat untuk mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS Ath-Thalaq: 2-3)

Dengan mengisolasi diri dalam i’tikaf pada hari ke-28, seorang Muslim akan semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT dan merasakan manfaatnya dalam hidupnya. Ia juga akan merasakan keberkahan dan rahmat Allah SWT dalam kehidupannya. Oleh karena itu, i’tikaf pada hari ke-28 dapat menjadi momentum yang baik untuk memperbaiki diri dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Semoga kita semua dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya dan meraih rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Aamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top